9 Desember 2009

Pengenalan Java

. 9 Desember 2009

Java sebagai salah satu bahasa pemrograman baru menjanjikan banyak kemudahan bagi programer junior maupun senior. Modul ini dan modul selanjutnya akan membawa Anda mengenal lebih jauh bahasa ini melalui pembahasan konsep model perancangan dan petunjuk sederhana penggunaannya.


Apakah Java?
Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991, sebuah perusahaan besar di Amerika Serikat. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan platform independent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer. Bahasa ini juga dirancang untuk pemrograman di Internet sehingga dirancang agar aman dan portabel. Dalam beberapa tahun terakhir, Java telah merambah dunia mobile dengan J2ME (Micro Edition: MIDlet, dipakai dalam mobile phone, PDA, smart phone dan sebagainya). Java juga dipakai dalam aplikasi server dengan J2EE (Enterprise Edition: JSP, servlet). Java memiliki sejumlah mekanisme untuk networking dan system terdistribusi, yaitu socket, remote methode invocation (RMI), CORBA, dan mobile agents. Pada perkembangannya, banyak vendorvendor seperti Oracle (http://www.oracle.com/), Nokia (http://www.nokia.com/), Siemens http://mobile.siemens.com/), Yahoo Portal (http://www.tibco.com/) yang menggunakan Java untuk pengembangan aplikasinya. Java memang sangat Pengenalan Java Dasar Pemrograman Java  populer pada level enterprise application dan mobile application.


Program Java
Programprogram java dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu:


•  Application , yaitu program yang dapat dijalankan dari command prompt
suatu sistem operasi. Application yang berdiri sendiri dapat berupa windowbased application atau console application. Windowbased application menggunakan antar muka grafikal sedangkan console application menggunakan karakterkarakter tanpa antar muka grafikal. Application yang berdiri sendiri dapat mengakses resources yang ada pada computer tersebut. Networked application dpat menggunakan resources yang ada pada jaringan. Distributed applications dapat mengakses obyek yang berjalan pada pada beberap computer melalui jaringan. Application dapat membaca dan menuliskan file pada computer
local, dapat juga membuat koneksi jaringan, mengakses resources melalui jaringan dan me”launch” application melalui jaringan. Application yang berdiri sendiri terletak pada hard disk local computer. Pada saat akan dieksekusi maka application ini diambil dari hard disk dan kemudian dieksekusi dimemori.


•  Applet , yaitu program java yang dieksekusi di dalam web page.
Untuk mengunkan applet maka diperlukan browser yang mendukung Java, seperti MS internet Explorer 4.0 , Netscape Navigator 4.0 atau HotJava. Applet di “load” dan dieksekusi pada saat user me”load’ web page menggunkan web browser. Pada saat web page yang berisi applet ditampilkan, pengguna sebenarnya berinteraksi dengan applet. Applet mudah digunakan , karena untuk menggunakan applet pengguna hanya perlu mengakses web page.Sedangkan application harus didownload Pengenalan Java  Dasar Pemrograman Java  dahulu pada computer local sebelum dapat dieksekusi. Applet juga  mempunyai antar muka grafikal. Applet hanya dapat mengakses resources dari dari computer hostnya, dan tidak dapat mengakses file-file pada computer yang mendownloadnya.




Fiturfitur yang disediakan oleh Java:


• Aksesibilitas dari lokasi manapun di dunia:
Java adalah bahasa pemrograman untuk internet, sehinggga dapat diakses melalui world wide web ynag dapat diakses dari lokasi manapun di dunia.


• Sistem bebas virus:
Java mengimplementasikan strong typechecking pada computer pengguna, perubahan pada program akan ditandai sebagai error dan program tidak akan dijalankan. Typechecking adalah proses pengecekan kode untuk mengetahui apakah ada perubahan yang dibuat terhadap kode asli.


• Aplikasi yang dapat digunakan pada bermacammacam platform ( Platform independent application)
Java adalah bahasa pemrogrman yang platformindependent. Java compiler mengcompile kode java menjadi intermediate bytecode yang dapat dibaca oleh JVM ( Java Virtual machine). Java interpreter pada browser yang mendukung Java dapat mengeksekusi bytecode
ini. Dengan proses kompilasi bytecode dan interprtasinya oleh web browser, program Java dapat dijalankan pada bermacammacam hardware dan system operasi, asalkan system ini memiliki internet rowser ynag mendukung Java atau Java interpreter.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar