13 April 2010

Membuat EXE Dan SETUP Untuk Program Microsoft Visual Basic

. 13 April 2010

Membuat EXE Dan SETUP Untuk Program Microsoft Visual Basic

Membuat Setup untuk suatu program bisa tidak terlalu susah. Karena disini kita menggunakan sebuah wizard yang menuntun kita untuk melakukan sesuatu dari pertama hingga akhir. Dengan mengubah program menjadi sebuah setup, maka orang yang memakai program yang kita buat tidak akan mengetahui bagaimana cara kita membuat program tersebut. Dan dengan setup pula jika ada orang yang ingin menggunakan program kita di komputer lain, maka kita tinggal menekan tombol setup tersebut dan program pun langsung terinstall pada komputer itu. Sekarang saya terangkan caranya.
1.      Bukalah project dan form program VB yang ingin dibuatkan setup nya.
2.      Buanglah tool tool yang tidak dipakai tapi muncul pada toolbox program anda caranya dengan klik kanan pada toolbox lalu pilih components. Beri tanda checklist pada SELECTED ITEMS ONLY untuk melihat toolbox yang sedang aktif.
3.      Dan untuk pengujian, hilangkanlah semua tanda checklist yang ada pada toolbok yang aktif tadi baik itu controls, designers, ataupun inserteable objects. Jika tanda checklist tersebut tidak bisa dihapus atau muncul pesan, biarkan saja. Sedang yang bisa dihapus hilangkan saja tanda checklist tersebut. Tekan Apply atau Oke.
4.      Selanjutnya kita akan membuat Exe. Caranya adalah pilih File pada bagian menu lalu pilih MAKE (nama project) EXE.
5.      Masukan nama file dan tempat untuk meletakkan file exe tersebut lalu tekan Oke.
6.      Pembuatan Exe selesai dan lihatlah hasilnya.
7.      Perhatian, jika pembuatan Exe gagal, berarti masih ada kesalahan dalam listing program anda. Periksalah kesalahan tersebut dan benarkan. Atau mungkin karena ada sebuah tool yang aktif tapi tidak dipakai untuk membuangnya ikuti langkah nomor 2.
8.      Sekarang kita akan membuat Setup.
9.      Pilih ADD-INS pada bagian menu.
10.  Pilih ADD-INS MANAGER.
11.  Cari PACKAGE AND DEPLOYMENT WIZARD. Lalu dipilih.
12.  Beri tanda checklist pada bagian LOADED/UNLOADED dan LOAD ON STARTUP. Lalu tekan Oke.
13.  Pilih kembali ADD-INS pada bagian menu. Dan disitu akan muncul tulisan baru yaitu PACKAGE AND DEPLOYMENT WIZARD lalu pilihlah tulisan tersebut.
Terkadang muncul tulisan untuk men save ulang program anda, pilih Yes.
14.  Setelah muncul layar baru, pilihlah yang PACKAGE. Terkadang muncul tulisan untuk mengompile ulang program anda (membuat Exe), pilih tombol Yes.
15.  Pada layar selanjutnya (Package Type) pilih yang standard setup package. Klik Next.
16.  Pada layar Package Folder, pilihlah folder yang berisi program yang telah anda buat. Klik tombol Next.
17.  Pada layar DAO Driver, masukanlah driver driver yang dibutuhkan oleh program anda. Lalu klik Next.
18.  Pada layar Include Files, masukan semua file yang anda ingin ikut sertakan kedalam package atau paket program yang dibuat termasuk database, gambar, icon, atau file file lainnya. Dan buanglah yang tidak perlu dengan menghilangkan tanda checklist.
19.  Silahkan Klik Next terus menerus untuk ke layar berikutnya.
20.  Pada layar Cab Option terdapat 2 pilihan yaitu: Single Cab dan Multiple Cab.
21.  Pada layar selanjutnya di Installation title masukan nama dari setup yang anda buat.
22.  Pada layar Start up Menu Item, letakkan tempat menaruh shortcut program anda apabila nanti sudah terinstall pada bagian Start menu yang diinginkan.
23.  Pada layar Install Location, pilihlah tempat untuk meletakkan file file program anda dengan cara menggantinya pada bagian Install location yang ada disitu.
24.  Pada layar Shared Files, pilihlah file apa aja yang akan di sharing atau dibagi.
25.  Pada layar akhir, berilah judul script dari pembuatan setup ini agar nanti bisa digunakan kembali untuk membuat setup program yang lain dengan format yang sama dengan script tersebut.
26.  Tekan tombol Finish untuk menyelesaikan pembuatan Setup ini.
PERHATIAN: untuk pembuatan setup dengan menggunakan software software tambahan seperti Crystal Report atau sebagainya agak sedikit susah dan jika salah maka akan muncul pesan error pada bagian akhir dari pembuatan setup tersebut. Saya sarankan bagi yang belum paham untuk menggunakan software pembuat package yang lain seperti Astrum atau yang lainnya.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar